BerandaBANUADiskominfo Tanah Bumbu Gagas Inovasi Satu Portal Semua Layanan

Diskominfo Tanah Bumbu Gagas Inovasi Satu Portal Semua Layanan

LANGKAR.ID,BATULICIN – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosp) Kabupaten Tanah Bumbu, Al Husain Mardani, menggagas inovasi BerAksi Smart Service “Satu Portal Semua Layanan” sebagai solusi pelayanan publik yang lebih efisien dan terintegrasi.

Menurutnya, pelayanan publik di Tanah Bumbu selama ini belum terpusat dan masih tersebar di banyak aplikasi yang tidak saling terhubung. Hal itu membuat masyarakat bingung sekaligus menghambat efisiensi birokrasi.

“Banyak layanan publik tersebar di berbagai aplikasi tanpa integrasi, indeks SPBE kita baru 3,3 (kategori baik) dari target lebih dari 4,0, dan 15 layanan utama antar OPD juga belum terhubung. Karena itu, diperlukan inovasi satu portal layanan,” ujar Al Husain, Jumat (8/8/2025) di Batulicin.

Melalui inovasi ini, Pemkab Tanah Bumbu akan mengembangkan portal digital berbasis web dan mobile yang mengintegrasikan 15 layanan prioritas, melengkapi regulasi berupa Perbup dan pedoman teknis, meningkatkan literasi digital ASN dan masyarakat, hingga berkolaborasi dengan pihak swasta dan universitas.

Manfaat yang ditargetkan antara lain pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital, serta terwujudnya transformasi digital berkelanjutan.

“Dengan adanya BerAksi Smart Service, masyarakat cukup mengakses satu portal untuk semua layanan. Harapannya, indeks SPBE naik ke kategori sangat baik, literasi digital meningkat, dan Tanah Bumbu menuju Smart City dengan layanan publik yang mudah diakses,” pungkasnya.(007)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BACA JUGA