BerandaBANUABanjarmasinAudiensi Dengan IJTI Kalsel, Kapolda Irjen Pol Rikwanto Minta Jurnalis Televisi Sajikan...

Audiensi Dengan IJTI Kalsel, Kapolda Irjen Pol Rikwanto Minta Jurnalis Televisi Sajikan Berita yang Jadi Rujukan Masyarakat

LANGKAR.ID, Banjarmasin – Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto meminta jurnalis televisi terus berkarya di tengah disrupsi digital. Khususnya disrupsi digital yang menyebabkan masyarakat dengan memudah menyebarkan informasi di┬ámedia soal.

Termasuk dalam bentuk tayangan visual yang sering kali menyajikan informasi tidak terkonfirmasi. Bahkan cenderung hoax dan tak jarang menyesatkan masyarakat.

Hal ini, diungkapkan Rikwanto usai menerima Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalsel, di ruang kerjanya di Banjarmasin, Selasa (26/10/2021).

“Mudahan-mudahan jurnalis televisi tetap bisa eksis menyajikan sesuatu yang baru dan menarik. Sehingga ikut mencerdaskan bangsa,” ujar jenderal bintang dua kepolisian ini.

Menurutnya, disrupsi digital menyebabkan media penyiaran termasuk televisi banyak mendapat serangan dari vloger, youtuber dan lainnya. Para penggiat media sosial (medsos) seperti vloger dan youtuber, kerap menyajikan informasi tanpa saringan.

Karena itu, perlu peran jurnalis televisi menangkal dan meluruskan informasi kepada masyarakat. “Karya jurnalis televisi, harus menjadi rujukan masyarakat. Sehingga masyarakat mendapat informasi yang benar dan terpercaya,” ujarnya.

Wakil Ketua IJTI Kalsel, Nanik Hayati mengatakan, audiensi ini sekaligus silahturahmi kepengurusan baru. Seperti diketahui, Pengda IJTI Kalsel 2021-2024 baru terbentuk di bawah ketuanya, Dina Qomariah yang juga hadir di audiensi ini.

“Selain mengenalkan diri, tentu kami ingin sinergi antara jurnalis khususnya televisi dengan jajaran Polda Kalsel bisa terus terjalin,” ujar Nanik Hayati.

Terkait pesan Kapolda, Nanik membenarkan bahwa tantangan jurnalis televisi saat ini, ikut meluruskan informasi di masyarakat. Karena banyaknya informasi melalui media sosial yang cenderung tidak terkonfirmasi. Sehingga kebenarannya dipertanyakan.

“Saat ini, jurnalis termasuk jurnalis televisi memang terus menjalankan fungsi kontrol sosialnya. Tentunya dengan mengedepankan kaidah dan aturan jurnalistik,” katanya.

Turut hadir di audiensi ini, Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol M Rifa’i. Serta pengurus IJTI Kalsel lainnya.

Dalam kesempatan ini, IJTI Kalsel juga menyampaikan undangan kepada Kapolda dari IJTI Pusat yang akan menggelar Kongres di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kapolda diundang sebagai peninjau di Kongres bertemakan Semangat Sumpah Pemuda, Jurnalis TV Bangkitkan Negeri Pasca Pandemi. Kongres ke VI IJTI itu, digelar Jumat-Minggu (29-31/10/2021). (L008)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

BACA JUGA